Perkuat Integrasi Madrasah dan Pesantren, MA Binaul Ummah Tinjau Kurikulum Baru
- Senin, 28 April 2025
- Administrator
- 0 komentar
 
      
      Bantul, 26 April 2025 — MA Binaul Ummah Pleret, Bantul menggelar acara Review Kurikulum untuk tahun ajaran 2025/2026 pada Sabtu (26/4). Acara ini dibuka oleh Pengasuh Pesantren MA Binaul Ummah, KH. Ihsanudin Muslim, yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada para reviewer yang telah bersedia hadir dan memberikan masukan demi kemajuan madrasah.
Sebagai keynote speaker, Dr. Imam Muhsin, dosen Magister Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, membawakan materi bertema Integrasi-Interkoneksi Pelajaran Madrasah dan Kepesantrenan. Ia menekankan pentingnya sinergi antara pelajaran umum dan pendidikan diniyah dalam membangun karakter santri yang berdaya saing.
Kepala Madrasah MA Binaul Ummah, H. Nur Aziz, kemudian memaparkan rencana kurikulum yang akan diterapkan, mencakup kurikulum diniyah dan umum. Ia menyoroti pentingnya penguasaan kitab kuning, terutama dalam bidang ilmu alat seperti nahwu, shorof, kemampuan menulis pegon, serta penguasaan kitab-kitab dasar pesantren.
Dalam sesi review, Heni Prilantari, M.Pd.I, pengawas madrasah sekaligus reviewer pertama, memberikan masukan berdasarkan hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2024, khususnya terkait pengembangan dan peningkatan kualitas KBM berdasarkan Raport Madrasah. Sementara itu, reviewer kedua, Nazhif Masykur, S.Fil.I, Ketua Komite Madrasah sekaligus pengamat pendidikan madrasah, menekankan pentingnya menjaga komitmen, integritas, dan nama baik pesantren di tengah persaingan lembaga pendidikan.
Acara ini menjadi bagian dari upaya MA Binaul Ummah untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas pendidikan, baik dalam aspek akademik maupun spiritual.
 
         
                   
                   
                   
                   
                   
                   
                   
                   
                   
                   
    